Senin, 10 Agustus 2015

#Informasi dan Berita: EF CIREBON & UNIVERSITAS IAIN SYEKH NURJATI CIREBON GELAR SEMINAR MENGHADAPI MEA

IMG_0984
#EFCirebon bekerjasama dengan EDSA (English Department Students Association) dari program studi Bahasa Inggris universitas IAIN Syekh Nurjati Cirebon, pada 8 Agustus 2015, mengadakan seminar dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia yang bertajuk : Entering Global Era through Better English.
#EFCirebon membawa 3 pembicara yakni Center Director #EFCirebon, Abi Andaya Iswara S. Pd., C.H.; Mr. Colin Sheplej dan Diva Wulandari dari tim akademis. Seminar ini juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Dr. Ilman Nafi’a, M.Ag.;  Kepala program studi Tadris Bahasa Inggris, Lala Bumela, M.Pd.; dan salah satu dosen di program studi Tadris Bahasa Inggris, Nana Priajana, M.Pd.
IMG_0979
Acara dimulai sejak pukul 08.00 WIB dengan mengadakan Placement Test yang diikuti kurang lebih 200 mahasiswa program studi Tadris Bahasa Inggris Universitas IAIN Syekh Nurjati yang dilaksanakan di gedung program Tadris Bahasa Inggris. Hasil dari placement test ini digunakan untuk mengetahui hasil belajar atau kemampuan berbahasa Inggris yang dimiliki oleh mahasiswa dari semester tiga dan dan lima yang mengikuti test ini.
IMG_0973
Dalam seminar yang diadakan di aula di ruang berbeda, yakni di gedung pasca sarjana Universitas IAIN Syekh Nurjati Cirebon, para pembicara terfokus pada penyampaian materi yang berhubungan dengan kemampuan berkomunikasi dalam kaitannya dengan Cross Cultural Communication. Dari pihak IAIN menyampaikan bahwa banyak mahasiswa yang ingin belajar atau mendapatkan scholarships di luar negeri, dan juga sebagai persiapan melamar pekerjaan apalagi akan menghadapi momentum dibukanya Masyarakat Ekonomi Asia pada akhir tahun 2015 nanti, dimana kompetisi bukan lagi hanya terjadi antara lulusan universitas lokal di Indonesia, bahkan lulusan Universitas IAIN Syekh Nurjati juga akan berhadapan dengan lulusan terbaik dari universitas-universitas di Malaysia, Singapura dan Filipina, serta negara ASEAN yang lain.
IMG_0990
Pada akhir seminar, kedua pihak, baik dari #EFCirebon maupun Universitas IAIN Syekh Nurjati Cirebon berharap untuk dapat terus menjadi lembaga yang memiliki komitmen dan konsisten dalam dunia pendidikan, khususnya dalam peningkatan kemampuan berbahasa Inggris siswa-siswinya.

Tidak ada komentar: